Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya
 
ybth_logo
Loading . . .
Jum'at, 22 Maret 2019

Kegiatan Penyuluhan di Kecamatan Cibeureum, tanggal 3 Juli 2013:
1
Dr. H. Sadeli Suganda, Ketika memberikan penyuluhan berkaitan dengan kanker serviks di Kecamatan Cibeureum di Hadapan Ibu-Ibu Kader dan Tim PKK Kecamatan Cibeureum yang dihadiri pula oleh para bidan kelurahan Kecamatan Cibeureum. (Redaksi Klinik BTH, 3 Juli 2013).

2
Tanya jawab dengan ibu-ibu, gambar di atas tanya jawab dengan Bidan senior Hj. Wiwin dari Kecamatan Cibeureum, dan ibu-ibu yang lain serius mencatat materi yang disampaikan.

Pertanyaan yang menarik berkaitan dengan penggunaan sabun antisiptik untuk kaum ibu, dalam diskusi tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan sabun antiseptik untuk ibu-ibu berkaitan dengan kebersihan alat reproduksi adalah berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkan penyakit lain (ibu-ibu disarankan jangan terpengaruh iklan).

 3
Ibu-ibu PKK dan Ibu-ibu staf Kecamatan Cibeureum mengikuti acara penyuluhan dengan antusias karena materi yang disampaikan disajikan dengan pendekatan komunikatif.

Kegiatan Penyuluhan di Kelurahan setiaratu, Kecamatan Cibeureum tanggal 26 Juni 2013:
4
Dr. H. Sadeli Suganda, M.Kes. ketika berceramah di hadapan ibu-ibu kader Kelurahan Setiaratu

 

5
Ibu-ibu kader Kelurahan Setiaratu bersemangat mengikuti kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Klinik BTH.

 

KEGIATAN DI KLINIK UMUM BTH

  • KEGIATAN TES KESEHATAN MAHASISWA STIKes BTH:

6
Calon Mahasiswa memeriksakan diri melalui Klinik Umum BTH pada Teskes Gelombang pertama PMDK, 28 Maret 2013.

7
Mahasiswa STIKes BTH diperbantukan pada TESKES PMDK, Teskes Gelombang Pertama tanggal 28 Maret.
 

Kunjungan Kepala Dinas Kesehatan ke Klinik BTH atas undangan Ketua Yayasan BTH, mengadakan rapat khusus dengan staf Klinik dan jajarannya pada tanggal 16 April 2013 yang menghasilkan kesepakatan sebagai berikut:


NOTA KESEPAKATAN BERSAMA
No.1/NK/K-BTH/IV/2013

Bismillahirrohmanirrohiim.
Pada hari ini, Selasa Tanggal Enam Belas April Tahun Dua Ribu Tiga Belas. Bertempat di Ruang Rapat Yayasan Bhakti Tunas Husada (BTH) yang dihadiri oleh:

  • Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya (drs. H. Nana Rosadi, Apt., Msi.)
  • Ketua Yayasan Bhakti Tunas Husada (H. Dudit L. Sugiharto, S.Sos., MM.)
  • Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kota Tasikmalaya (Hj. Uum Rumaesih, AM.Keb).
  • Koordinator Bidan Kota Tasikmalaya (Puskesmas Kahuripan, Ibu Imas, AM.Keb).
  • dr. Helwati dan dr. Della Jannah dari Klinik Kanker Serviks BTH.
  • Pengawas BTH (dr. H. Sadeli Suganda, M.Kes.)
  • Koordinator Klinik BTH (Jeffry Nugraha, ST., MM.,Qces.)

Telah menyepakati hal-hal sebagai berikut:

  • Perlu diadakan kembali pelatihan (review pelatihan ulang) untuk tenaga dokter dan bidan di Kota Tasikmalaya yang berjumlah 54 orang yang diajukan oleh DKK Kota ke Tim Pelatih yang dibentuk oleh Klinik Kanker Serviks BTH dengan biaya pelatihan dibiayai oleh DKK Kota Tasikmalaya.
  • Membentuk tim promosi kesehatan ke masyarakat yang dikoordinasikan oleh DKK Kota Tasikmalaya, dimana BTH dilibatkan untuk promosi kesehatan dalam bentuk penyuluhan kanker serviks dan materi lain yang bisa dilakukan seperti penyuluhan kesehatan reproduksi remaja dan lain-lain serta mengupayakan pelayanan kesehatannya berkaitan dengan preventif dan kuratif.
  • Dinas Kesehatan Kota sepakat untuk membantu pembentukan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kota Tasikmalaya dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan TP PKK Kota Tasikmalaya.
  • Bagi ibu-ibu yang tergolong masyarakat miskin, khusus untuk pemeriksaan IVA, Papsmear dan Cryo Theraphy biayanya bisa diajukan ke JAMKESMAS bagi yang memiliki kartu JAMKESMAS. Sedangkan bagi yang mampu tetap membayar sesuai tarif pemeriksaan dan tindakan yang ditetapkan.
  • Bagi ibu-ibu yang pernah diperiksa oleh Puskesmas dimana IVA-nya positif akan diperiksa ulang dengan IVA dan Papsmear serta ditindaklanjuti dengan Cryo Theraphy di Klinik Kanker serviks BTH.
  • Perlu digugah dan diinformasikan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya berkaitan dengan gerakan sayang ibu berkaitan dengan cegah tangkal penyakit kanker serviks yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kota Tasikmalaya.
  • Organisasi IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Cabang Kota Tasikmalaya mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan bidan untuk mendorong anggotanya untuk meningkatkan kemampuannya dalam program pelayanan pemeriksaan dan pengobatan kanker serviks.
  • Puskesmas Kota Tasikmalaya merujuk ibu-ibu yang memerlukan penanganan lebih lanjut berkaitan dengan pemeriksaan IVA dan Papsmear serta tindakan Cryo Theraphy untuk ditindaklanjuti di Klinik Kanker Serviks BTH di Jln. Cilolohan no.36 Kota Tasikmalaya.

Demikianlah hasil rapat tersebut di atas, dan untuk realisasinya agar ditindaklanjuti dengan adanya kerjasama tertulis (MoU) antara Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dengan Klinik Kanker Serviks BTH khususnya yang menyangkut pembiayaan pemeriksaan dan pengobatan bagi orang miskin melalui JAMKESKIN.

SUASANA RAPAT DENGAN KEPALA DINAS KESEHATAN KOTA TASIKMALAYA DI BTH:
8
Pak Kadis DKK Kota Tasikmalaya, drs. H. Nana Rosadi, Apt., Msi sedang mendengarkan masukan dari Ketua IBI Tasikmalaya Ibu Hj. Uum Rumaesih, Am.Keb. Didengarkan oleh Bpk. H. Dudit (Ketua Yayasan BTH).

9
Pak Kadis, sedang memberikan arahan, didengarkan dan dicatat oleh peserta rapat lain.

 

Motto
Do The Best For Alloh
7 Nilai Ilahiyah BTH
  1. Jujur
  2. Tanggung Jawab
  3. Visioner
  4. Kerja Sama
  5. Disiplin
  6. Adil
  7. Peduli
Visi
Visi Yayasan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya adalah Mensyukuri Nikmat Alloh SWT. Dengan mewujudkan suatu entaitas yang bermanfaat sebagai perwujudan Ibadah
Misi
Menyelenggarakan pendidikan dan pelayanan dibidang kesehatan serta sosial sesuai dengan kebutuhan Masyarakat